Pencarian
Login
Latest topics
» halooo baru nih..by Mynamenicholas Fri Jun 01, 2012 10:35 pm
» Quisioner tentang RPG
by arjherjar Mon Apr 02, 2012 6:18 pm
» Halo, saya pengguna baru IG Maker :)
by Milan_Nacht Sun Mar 11, 2012 5:53 pm
» Realm of Vsio's Artwork
by Unvirus Sat Dec 24, 2011 6:39 am
» Vsio's Virupizxel Pixel Maze
by Unvirus Sat Dec 24, 2011 6:07 am
» perkenalan
by niyasyah Fri Dec 16, 2011 6:28 am
» Spec min IGM
by afra Fri Nov 25, 2011 6:15 am
» cra*k atao SN
by afra Fri Nov 25, 2011 6:03 am
» haloo... masih baru nih... :D
by bikerboy Wed Oct 19, 2011 10:57 am
» Anak Sapi Terbaru
by marjoni01 Fri Sep 02, 2011 12:43 pm
User Yang Sedang Online
Total 3 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 3 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 16 pada Tue Jul 30, 2013 3:18 pm
Statistics
Total 86 user terdaftarUser terdaftar terakhir adalah barza
Total 410 kiriman artikel dari user in 102 subjects
[Peta] Dasar-dasar
Halaman 1 dari 1
[Peta] Dasar-dasar
Dalam game RPG, kita mengenal 4 tipe peta yaitu
1. peta didalam ruangan (inside)
2. peta diluar ruangan (outside), dalam hal ini peta kota atau desa
3. peta daerah bermonster atau biasa disebut dungeon.
4. Peta dunia.
Untuk peta dunia, kita lebih bagus memakai sistem seperti kisah-kisah LOTR, dimana karakter kita tak berjalan di dunia lalu bertempur lawan monster di dunia. melainkan karakter kita melakukan pertarungan di area-area yang kita tunjuk seperti Lunar
kamu gk lawan monster disini
Masing-masing peta memiliki perbedaan, seperti hanya beberapa bagian dari peta yang biasa disebut chipset hanya ada di dalam ruang lingkup tipe 1 tetapi akan aneh/janggal bila berada di chipset lain.
Dalam hal ini tipe peta inside tidak semuanya cocok hadir di luar atau di dungeon. Kecuali bila dungeonnya adalah rumah/istana yang seperti peta inside.
info gebrak (blog)
ngocehh.com
Lautan (blog)
1. peta didalam ruangan (inside)
2. peta diluar ruangan (outside), dalam hal ini peta kota atau desa
3. peta daerah bermonster atau biasa disebut dungeon.
4. Peta dunia.
Untuk peta dunia, kita lebih bagus memakai sistem seperti kisah-kisah LOTR, dimana karakter kita tak berjalan di dunia lalu bertempur lawan monster di dunia. melainkan karakter kita melakukan pertarungan di area-area yang kita tunjuk seperti Lunar
kamu gk lawan monster disini
Masing-masing peta memiliki perbedaan, seperti hanya beberapa bagian dari peta yang biasa disebut chipset hanya ada di dalam ruang lingkup tipe 1 tetapi akan aneh/janggal bila berada di chipset lain.
Dalam hal ini tipe peta inside tidak semuanya cocok hadir di luar atau di dungeon. Kecuali bila dungeonnya adalah rumah/istana yang seperti peta inside.
- peta outside:
Yang dimaksud peta outside adalah peta kota dimana kita bisa liat baik bangunan, taman dan pohon. Dalam membuat peta ini ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti tema dari kota/desa/istana!
Tetapi terkadang keinginan kita tak sesuai dengan apa yang kita dapatkan/hasilkan.. jadi sy menyarankan untuk tetap fokus untuk memakai yang ada. Bila jawabannya adalah harus memakai chipset/bagian chipset lain, apa boleh buat kita memakai cara lain.
Maksudnya memakai metode/cara lain dalam membuat peta tersebut adalah dengan memakai object. Dalam hal ini di dalam RPGMaker, biasanya apa yang ingin kita gunakan ternyata ada di chipset lain, bukan chipset yang kita ingin gunakan. Sebelum membahas itu, mari kita coba memahami apa isi dari peta outside.
Peta Outside itu maksudnya peta outdoor, dimana kita melihat bangunan, pohon dan lain-lain. Dalam dunia RPG, hal-hal umum yang dapat atau wajib ada dalam peta ini adalah:
* Toko seperti: Item, Weapon, Equip, Skill. Tunjukkan didepan rumah/toko tersebut tanda bahwa ini adalah toko item jangan sekedar kosong. Kalau perlu letakkan karakter (NPC) yang memberi info apa tempat ini.
* Tempat yang membawa kita ke Game. dalam hal ini dapat berarti seperti Kolleseum, arcade, tempat lomba dan lain-lain. Tempat ini lebih ditujukan untuk kita mendapatkan sesuatu, baik duit, pengalaman (EXP) maupun item rahasia. Semua itu disamping kegembiraan kita atau sesuatu yang membuat kita akan memainkannya kembali. Biasanya di depan ada banyak orang berkumpul entah dia marah-marah karena kalah atau senang karena menang.
* tempat yang membawa kita ke quest. dapat berupa tempat quest (guild), rumah dimana ada ibu yg kebingungan anaknya belum balik, dan lain-lain. berikan petunjuk ke tempat ini, tak selalu harus didekat tempat ini, terkadang lumayan jauh.
* Guild. Terkadang guild bukan hanya mencari quest tetapi mencari pemain yang membantu kita dalam melakukan perjalanan. Dalam game online, guild tempat mencari petarung bayaran.. tetapi sapa tau malah jadi temen trus gratis deh. Berikan NPC yang menginfokan tempat ini, saranku berikan juga npc yang memberitahu isu2 terbaru.
* Rumah penginapan. Dimana kita menginap. Biasanya didepan kosong dan tidak ada yang menginfokan ini rumah penginapan, tetapi pastinya ada tanda ini rumah penginapan karena ada tulisan "Inn" didepannya. Biasanya rumah ini lebih besar dan lebih tampak menarik. Kecuali kalau tempat lain malah lebih baik?!
* Sekolah. beberapa game jaman dahulu (ff6) sering memberikan tempat buat ke sekolah (belajar sistem di sini). Tetapi normalnya di game sekolah adanya di temple/gereja jadi gak selalu terlihat sekolah di game-game. Walau tidak termasuk unsur penting tetapi wajib diperhatikan.
* Kantor pemerintahan. Bila rumah kepala desa/walikota tak cukup. tambahkan adanya kantor pemerintahan. Terkadang rumah kepala desa/walikota di usahakan agar sesuai dengan namanya.. yaitu rumah.. tempat istirahat pemilik tanpa memikirkan urusan kota/desanya.
* Taman. sebuah kota/desa yang bagus bila memikirkan taman, kata orang biar Fengshuinya bagus. Tetapi kita perlu banyak belajar dalam meletakkan taman yang tepat.. en tidak melulu taman harus bagus.. harus sesuai dengan kota. Bila kotanya hancur, tentu aneh kalau tamannya rapi?!?
- tips agar menambah chipset yg gk ada:
kadang kala kita ingin meletakkan sesuatu yang sayangnya tidak ada dalam chipset kita(yang aktif) tetapi malah adanya di chipset tetangga.. cara terbaik bagi saya adalah membuat 1 charset / sejenisnya yang berisi gbr / chip yang kita inginkan.. kemudian kita hadirkan dalam bentuk object/event didalam game. Namun kalau objectnya ternyata banyak banget?!?
anyway.. cobalah untuk membuat sesuatu berdasarkan apa yang ada didepanmu.. bkan apa yang seharusnya ada.!?
info gebrak (blog)
ngocehh.com
Lautan (blog)
KID_2K3- Admin
- Jumlah posting : 62
Points : 103
Reputation : 0
Join date : 29.12.10
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|