Pencarian
Login
Latest topics
» halooo baru nih..by Mynamenicholas Fri Jun 01, 2012 10:35 pm
» Quisioner tentang RPG
by arjherjar Mon Apr 02, 2012 6:18 pm
» Halo, saya pengguna baru IG Maker :)
by Milan_Nacht Sun Mar 11, 2012 5:53 pm
» Realm of Vsio's Artwork
by Unvirus Sat Dec 24, 2011 6:39 am
» Vsio's Virupizxel Pixel Maze
by Unvirus Sat Dec 24, 2011 6:07 am
» perkenalan
by niyasyah Fri Dec 16, 2011 6:28 am
» Spec min IGM
by afra Fri Nov 25, 2011 6:15 am
» cra*k atao SN
by afra Fri Nov 25, 2011 6:03 am
» haloo... masih baru nih... :D
by bikerboy Wed Oct 19, 2011 10:57 am
» Anak Sapi Terbaru
by marjoni01 Fri Sep 02, 2011 12:43 pm
User Yang Sedang Online
Total 2 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 2 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 16 pada Tue Jul 30, 2013 3:18 pm
Statistics
Total 86 user terdaftarUser terdaftar terakhir adalah barza
Total 410 kiriman artikel dari user in 102 subjects
[Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
2 posters
Halaman 1 dari 1
[Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
Indie Game Maker Basic Tutorial
Bagi orang yang ingin belajar menggunakan enggine editor game "Indie Game Maker", akan disediakan 8 Tutorial dari forum komunitas Indie Game Maker ID.
3) Merancang Proyek Baru
Disini kita akan merancang project baru dari awal
disini daku akan coba memberikan tips dalam merancang project baru di dalam IGM
Sangatlah penting hal ini, karena dengan struktur yang diberikan, maka proses building akan terasa cepat dan mudah serta menghindari faktor kesalahan dan kegagalan (Cancel Project)
Tanpa basa basi langsung saja
1. Latar Belakang dan Plot Cerita
2. Alur Cerita
3. Screen Size
4. Seting Plugin
5. Screen Intro :
6. Kembangkan skenario
Bagi orang yang ingin belajar menggunakan enggine editor game "Indie Game Maker", akan disediakan 8 Tutorial dari forum komunitas Indie Game Maker ID.
- Pembukaan
- Memulai dan Konfigurasi (Starter)
- Merancang Proyek Baru
- Merancang dan Menyusun Skenario
- a. Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
b. Menciptakan Musuh- Membuat Menu dan Interface :
a. Simple HUD
b. Title Menu <<< link Next Update
b. Main Menu <<< link Next Update- Membuat Diagram Alur <<< link Next Update
- Export Proyek <<< link Next Update
3) Merancang Proyek Baru
Disini kita akan merancang project baru dari awal
disini daku akan coba memberikan tips dalam merancang project baru di dalam IGM
Sangatlah penting hal ini, karena dengan struktur yang diberikan, maka proses building akan terasa cepat dan mudah serta menghindari faktor kesalahan dan kegagalan (Cancel Project)
Tanpa basa basi langsung saja
1. Latar Belakang dan Plot Cerita
- Spoiler:
- Seringkali ide yang menarik untuk dikembangkan menjadi sebuah tulisan muncul seketika begitu saja. Kemudian, setelah didapatkan pun ide tersebut perlu dikembangkan menjadi beberapa pokok pikiran, dan tulisan pun dapat segera dimulai. Tapi, apakah bisa semudah itu? Apalagi bagi yang tak terbiasa untuk menulis.
Ada satu langkah yang baiknya dilakukan sebelum langsung menulis, yakni membuat rangkaian ide yang akan ditumpahkan dalam bentuk tulisan. Bahasa resminya adalah plot, atau alur. Keberadaannya cukup penting karena ia akan menjadi benang merah dari tulisan. Sehingga jika di kemudian hari proses penulisan dilanda kemacetan atau stuck, maka ketika kemudian ditinggalkan untuk sementara kita masih akan memiliki panduan untuk menyelesaikan tulisan.
Setiap jenis tulisan tentu memerlukan alur ataupun plot. Fiksi atau nonfiksi, cerita ataupun panduan, hingga biografi ataupun buku laporan peristiwa. Tiap-tiap tulisan tersebut pasti memerlukan sekaligus menggunakan alur atau plot. Tapi setiap jenis tersebut pasti menggunakan plot yang berbeda-beda bergantung kepada bagaimana penulis ingin membangun impresi para pembaca melalui tulisannya.
dikutip dari : billykoesoemadinata.wordpress.com
2. Alur Cerita
- Spoiler:
- Sebelum melangkah lebih jauh dan menentukan plot tulisan, ada baiknya mengenali susunan plot. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan ketika nanti harus membuat alur cerita yang diterjemahkan ke dalam runutan ide topik.
Umumnya, plot memiliki 6 unsur utama yang menjadi penyusun plot. Perkenalan, pemunculan masalah, konflik, klimaks, antiklimaks, dan penyelesaian atau kesimpulan. Keenam unsur itulah yang kemudian menjadi susunan utama plot. Tanpa ada salah satunya, tulisan akan terasa janggal karena ada salah satu unsurnya yang hilang.
Tapi kemudian, jika tulisan memang disengaja untuk dibuat menggantung, maka tak perlulah mengkhawatirkan unsur yang hilang tersebut. Walau begitu, mari kita fokus tulisan yang lebih lengkap ketimbang membuat tulisan yang tak sempurna tersebut.
Everything comes up, would comes down. Itulah yang juga berlaku di dalam sebuah tulisan. Tensi yang terus dibangun melalui fase perkenalan hingga klimaks pun “harus” turun dengan membuat antiklimaks. Hal ini dimaksudkan agar tulisan menjadi lebih “menyenangkan” bagi pembaca karena tak harus terus dirundung oleh hype dari tulisan. Antiklimaks juga dimaksudkan agar pembaca tulisan memiliki kesempatan untuk menarik napas sekaligus menunggu akan seperti apa akhir dari tulisan kita.
3. Screen Size
- Spoiler:
- Setting ini tentu juga tidak kalah penting , semakin tinggi resolusi semakin tinggi kuaklitas grafis dan semakin berat juga
4. Seting Plugin
- Spoiler:
- Mari kita tentukan disini basic game jenis apa yang akan kita buat ,kita bisa manfaatkan plugin yang tersedia , namun kita juga bisa mengembangkan, mengedit dan menambahkan fitur fitur yang tersedia
5. Screen Intro :
- Spoiler:
- Ini adalah hal yang penting , ketika game pertama kali dijalankan, scane mana yang akan ditampilkan ,
disini juga kita merancang sistematika alur pertama game yang akan kita buat
6. Kembangkan skenario
- Spoiler:
- Hal selanjutnya adalah mengembangkan skenario / plot cerita menjadi cerita yang kompleks beserta event dan property yang akan kita hadapi dan lewati
Terakhir diubah oleh KID_VX tanggal Sat Jan 15, 2011 7:10 pm, total 4 kali diubah
Re: [Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
hmm... biarpun forum ini masih sepi, setidaknya adminnya masih ada inisiatif buat bikin tutorial ini. dari dulu saya memang paling tidak suka membaca help, tapi baguslah ada tutorial ini, biar kupahami dulu. soalnya saya masih buta sama igmaker. tunggu kelanjutannya kawan!
Vincent- New IGMers
- Jumlah posting : 36
Points : 44
Reputation : 0
Join date : 08.01.11
Age : 30
Lokasi : Bogor
Re: [Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
@vincent
sama sama, terimakasih, biarpun masih sepi, tapi kita harus tetap produktif donk
BTW bantu promosikan nya
next tutorial akan hadir , sebentar lagi , lagi rapihin
sama sama, terimakasih, biarpun masih sepi, tapi kita harus tetap produktif donk
BTW bantu promosikan nya
next tutorial akan hadir , sebentar lagi , lagi rapihin
Re: [Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
@kid_vx
iya.. tenang aja, akan kubantu promosi!
kutunggu kelanjutan tutorialnya!
iya.. tenang aja, akan kubantu promosi!
kutunggu kelanjutan tutorialnya!
Vincent- New IGMers
- Jumlah posting : 36
Points : 44
Reputation : 0
Join date : 08.01.11
Age : 30
Lokasi : Bogor
Similar topics
» [Basic Tutorial IGM] 06a. Simple HUD
» [Basic Tutorial] 01.Pembukaan
» [Basic Tutorial IGM] 05b. Membuat Musuh
» [Basic Tutorial IGM] 02.Memulai dan Konfigurasi (Starter)
» [Basic Tutorial IGM] 4. Merancang dan Menyusun Skenario
» [Basic Tutorial] 01.Pembukaan
» [Basic Tutorial IGM] 05b. Membuat Musuh
» [Basic Tutorial IGM] 02.Memulai dan Konfigurasi (Starter)
» [Basic Tutorial IGM] 4. Merancang dan Menyusun Skenario
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|