Pencarian
Login
Latest topics
» halooo baru nih..by Mynamenicholas Fri Jun 01, 2012 10:35 pm
» Quisioner tentang RPG
by arjherjar Mon Apr 02, 2012 6:18 pm
» Halo, saya pengguna baru IG Maker :)
by Milan_Nacht Sun Mar 11, 2012 5:53 pm
» Realm of Vsio's Artwork
by Unvirus Sat Dec 24, 2011 6:39 am
» Vsio's Virupizxel Pixel Maze
by Unvirus Sat Dec 24, 2011 6:07 am
» perkenalan
by niyasyah Fri Dec 16, 2011 6:28 am
» Spec min IGM
by afra Fri Nov 25, 2011 6:15 am
» cra*k atao SN
by afra Fri Nov 25, 2011 6:03 am
» haloo... masih baru nih... :D
by bikerboy Wed Oct 19, 2011 10:57 am
» Anak Sapi Terbaru
by marjoni01 Fri Sep 02, 2011 12:43 pm
User Yang Sedang Online
Total 4 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 4 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 16 pada Tue Jul 30, 2013 3:18 pm
Statistics
Total 86 user terdaftarUser terdaftar terakhir adalah barza
Total 410 kiriman artikel dari user in 102 subjects
[Basic Tutorial IGM] 4. Merancang dan Menyusun Skenario
2 posters
Halaman 1 dari 1
[Basic Tutorial IGM] 4. Merancang dan Menyusun Skenario
Indie Game Maker Basic Tutorial
Bagi orang yang ingin belajar menggunakan enggine editor game "Indie Game Maker", akan disediakan 8 Tutorial dari forum komunitas Indie Game Maker ID.
4) Merancang dan Menyusun Skenario
dalam membuat scenario.. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu yaitu
1. apa tema game kamu
2. bagaimana proses/perjalanan game kamu nantinya
3. object dalam hal ini sesuatu yang akan kamu gunakan baik karakter, musuh dan senjata.
4. music atau suara pendukung. kadang ini bisa di hindari dahulu
5. alat apa yang cocok.. disini kamu dituntut untuk jeli memilih. karena dalam hal ini memilih IGMaker, maka lewati tahap ini.
6. membangun fondasi awal.
Bagi orang yang ingin belajar menggunakan enggine editor game "Indie Game Maker", akan disediakan 8 Tutorial dari forum komunitas Indie Game Maker ID.
- Pembukaan
- Memulai dan Konfigurasi (Starter)
- Merancang Proyek Baru
- Merancang dan Menyusun Skenario
- a. Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
b. Menciptakan Musuh- Membuat Menu dan Interface :
a. Simple HUD
b. Title Menu <<< link Next Update
b. Main Menu <<< link Next Update- Membuat Diagram Alur <<< link Next Update
- Export Proyek <<< link Next Update
4) Merancang dan Menyusun Skenario
dalam membuat scenario.. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu yaitu
1. apa tema game kamu
2. bagaimana proses/perjalanan game kamu nantinya
3. object dalam hal ini sesuatu yang akan kamu gunakan baik karakter, musuh dan senjata.
4. music atau suara pendukung. kadang ini bisa di hindari dahulu
5. alat apa yang cocok.. disini kamu dituntut untuk jeli memilih. karena dalam hal ini memilih IGMaker, maka lewati tahap ini.
6. membangun fondasi awal.
- merancang:
untuk menyingkat saya analogikan bahwa saat ini kita belum punya game. tetapi sekarang mari kita konsep sebuah game sederhana atau mini-game. Dalam hal ini kita akan membuat game tersesat.. konsepnya A (karakter kita) harus melewati tempat sesat untuk mencapai rumahnya
untuk game yang bagus.. kita tidak memulai membuat object dan lain-lain tetapi lebih kepada membangun BG.. kenapa dan mengapa harus BG dahulu.. BG adalah halaman belakang yang menjadi tempat game kamu berada.. tetapi BG tidak berhubungan dengan apa yang akan menghalangi perjalanan kamu dalam hal ini pohon.
karena game ini berada di daerah hutan.. maka anggap aja kita membuat BGnya adalah tanah penuh dengan rumput dimana daerah rumahnya dikasi tegel2
- objeck??:
nanti kita akan membuat objek. disini objek adalah sesuatu yang bisa
- di animasikan
- bergerak atau digerakkan
- melakukan kontak pada karakter.. baik menghalangi atau membuat kerusakan
didalam GM atau game maker lainnya.. biasanya beberapa object malah dianggap sebagai bagian BG , misal batu di tengah jalan.. tetapi sesungguhnya batu tsb lebih tepat sebagai objec? karena batu tersebut dapat dihancurkan ato dipindahkan (tergantung pembuatan)
BG juga bisa berarti menghalangi perjalanan kita.. contoh air di laut (kalau bikin rpgmaker), tidak bisa kita lewati.. tetapi kalau air bisa masuk ke dalam object karena memiliki animasi.. tetapi bagaimana dengan tembok?
BG sebaiknya jadi gambar latar yang tak menghalangi gerak pemain.. kalaupun nanti km ingin latar tsb menghalangi kerja pemain.. usahakan agar BG tsb jgn sampai merugikan (mengurangi hp).. hal ini lebih baik karena nantinya kalau kamu ingin mengganti tampilan buat ganti suasana..
- tips:
sekedar tips.. kadang latarnya diganti tetapi stage sama.. tidak akan membuat orang sadar bahwa stage yg dimainkan itu-itu saja..
berikutnya musik.. dalam hal ini siapapun bisa menjadi pembuat musik.. tetapi tidak mudh membuat musik yang bagus
- SKENARIO:
terakhir dan paling pokok alam hal merancang adalah memutuskan apa aja yang akan dilakukan oleh objek A, B dan C... tentunya disini ngak membahas ttg program karena ini cuma contoh dan bukan ditujukan menjadi prog/game jadi
Skenario itu berhubungan dengan yang terakhir. tetapi skenario tidak harus selalu perbincangan antara 2 mahluk .. bisa dengan gerakan.. karena inti dari skenario adalah gerakan bukan perbincangan.. bahkan akan lebih bagus menunjukkan karakter/musuh anda bergerak daripada mengeluarkan kata2..
en ingat.. gerakan itu 100 bahasa/tulisan... tentu kamu tau khan ttg bahasa tubuh..nah bahasa tubuh itulah yang dipake di game ini.. cuma bedanya krn kita tak bisa melihat gerakan tubuh.. jadi diganti dengan bahasa gerakan
bahasa gerakan misal kaget.. contoh seorang penjaga yg sadar ada jagoan .. dia lompat 1x (gk langusng nyerang) trus baru nyerang.. kalau bs karakter km jgn terlalu besar.. krn akan menyulitkan apa yang hendak dkatakan musuh saat jagoan hadir (asumsi km gk ngasi tulisan).. tunjukkan aja kl musuh km kecil trus dia masuk ke robot en ukurannya yg kecil jadi raksasa yang di layar kelihatan bulu idungnya
*emang gurren lagaan?!*
KID_2K3- Admin
- Jumlah posting : 62
Points : 103
Reputation : 0
Join date : 29.12.10
Re: [Basic Tutorial IGM] 4. Merancang dan Menyusun Skenario
Wah nice, Izin terapkan di 8 tutorial IGM eksklusif dari IGMID ya
plus di tambah embel emebel list index ke 7 seri tutorial lannya
plus di tambah embel emebel list index ke 7 seri tutorial lannya
Re: [Basic Tutorial IGM] 4. Merancang dan Menyusun Skenario
untuk no 6 sebisa mungkin harus ada 2 bagian.. 1 bagian adalah prolognya.. yang satu implementasinya
KID_2K3- Admin
- Jumlah posting : 62
Points : 103
Reputation : 0
Join date : 29.12.10
Similar topics
» [Basic Tutorial] 01.Pembukaan
» [Basic Tutorial IGM] 06a. Simple HUD
» [Basic Tutorial IGM] 05b. Membuat Musuh
» [Basic Tutorial IGM] 02.Memulai dan Konfigurasi (Starter)
» [Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
» [Basic Tutorial IGM] 06a. Simple HUD
» [Basic Tutorial IGM] 05b. Membuat Musuh
» [Basic Tutorial IGM] 02.Memulai dan Konfigurasi (Starter)
» [Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|