Pencarian
Login
Latest topics
» halooo baru nih..by Mynamenicholas Fri Jun 01, 2012 10:35 pm
» Quisioner tentang RPG
by arjherjar Mon Apr 02, 2012 6:18 pm
» Halo, saya pengguna baru IG Maker :)
by Milan_Nacht Sun Mar 11, 2012 5:53 pm
» Realm of Vsio's Artwork
by Unvirus Sat Dec 24, 2011 6:39 am
» Vsio's Virupizxel Pixel Maze
by Unvirus Sat Dec 24, 2011 6:07 am
» perkenalan
by niyasyah Fri Dec 16, 2011 6:28 am
» Spec min IGM
by afra Fri Nov 25, 2011 6:15 am
» cra*k atao SN
by afra Fri Nov 25, 2011 6:03 am
» haloo... masih baru nih... :D
by bikerboy Wed Oct 19, 2011 10:57 am
» Anak Sapi Terbaru
by marjoni01 Fri Sep 02, 2011 12:43 pm
User Yang Sedang Online
Total 3 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 3 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 16 pada Tue Jul 30, 2013 3:18 pm
Statistics
Total 86 user terdaftarUser terdaftar terakhir adalah barza
Total 410 kiriman artikel dari user in 102 subjects
[Basic Tutorial IGM] 05a.Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
4 posters
Halaman 1 dari 1
[Basic Tutorial IGM] 05a.Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
Indie Game Maker Basic Tutorial
Bagi orang yang ingin belajar menggunakan enggine editor game "Indie Game Maker", akan disediakan 8 Tutorial dari forum komunitas Indie Game Maker ID.
5a) Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
Disinilah kita akan memulai mengutak-atik IGM nya ,
nah loh ko langsung ke 5 ? ga ke 4 dulu ?
hoh sebenarnya ini req dari seseorang, katanya tutor yang nomor 4 lewat dulu, udah kebelet pengen nyoba katanya
Tutorial ini akan membahas bagaimana cara memulainya, secara detail dan dibantu dengan video tutorial ,
Tutorial ini akan dibagi kedalam beberapa kategori, diantaranya
5a) Menciptakan Karakter
------Versi Teks : (Agar lebih Detail)
------Versi Videonya : (Sebagai Pencerahan)
------Download : (Resource, demo dan tutorial Video Hig resolusi)
Untuk pemula diharapkan, memperhatikan tutorial versi teks secara seksama, karena bahasa yang digunakan secara berangsur bertahap, sehingga tidak perlu menjelaskan hal yang sydah dijelaskan
siap dong ?
Langsung saja deh
Versi Teks :
Versi Videonya :
(maaf kalau kurang jelas, untuk sementara, nanti akan di perjleas videonya)
Download :
Bagi orang yang ingin belajar menggunakan enggine editor game "Indie Game Maker", akan disediakan 8 Tutorial dari forum komunitas Indie Game Maker ID.
- Pembukaan
- Memulai dan Konfigurasi (Starter)
- Merancang Proyek Baru
- Merancang dan Menyusun Skenario
- a. Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
b. Menciptakan Musuh- Membuat Menu dan Interface :
a. Simple HUD
b. Title Menu <<< link Next Update
b. Main Menu <<< link Next Update- Membuat Diagram Alur <<< link Next Update
- Export Proyek <<< link Next Update
5a) Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
Disinilah kita akan memulai mengutak-atik IGM nya ,
nah loh ko langsung ke 5 ? ga ke 4 dulu ?
hoh sebenarnya ini req dari seseorang, katanya tutor yang nomor 4 lewat dulu, udah kebelet pengen nyoba katanya
Tutorial ini akan membahas bagaimana cara memulainya, secara detail dan dibantu dengan video tutorial ,
Tutorial ini akan dibagi kedalam beberapa kategori, diantaranya
5a) Menciptakan Karakter
------Versi Teks : (Agar lebih Detail)
------Versi Videonya : (Sebagai Pencerahan)
------Download : (Resource, demo dan tutorial Video Hig resolusi)
Untuk pemula diharapkan, memperhatikan tutorial versi teks secara seksama, karena bahasa yang digunakan secara berangsur bertahap, sehingga tidak perlu menjelaskan hal yang sydah dijelaskan
siap dong ?
Langsung saja deh
Versi Teks :
- Spoiler:
- Getting Started
Membuat Karakter- Buka Enggine tersebut dong , tentunya
- Klik tombol "New Game" pada tool Box sebelah kiri (entahlah, itu namanya apa ya, daku ngarang saja itu tool box )
- Kemudian akan muncul kotak dialog "Geting Started" , Klik Next dong
- Pada step "Genre Question" pilih genre game yang akan dibuat , dalam tutorial ini kali memilih Action RPG >>> Klik Next
- di step "Screen Resolution", pilih resolusi nya , dalam tutorial ini kami pakai resolusi "320x240" >>> Klik Next
- Pada step "Game Name" , ya isikan title game yang akan dibuat di kotak dialog "Game Name" >>> Klik Finish
Membuat Karakter- Klik Tab Menu Material
- Klik tombol "create" pada tool box yang berada di sebelah kiri
- maka akan muncul kotak dialog explorer, cari directory tempat menyimpan resource tersebut, >>> Klik Open
- OK, sekarang di bagian block "The Seleceted Graphic's Data" pada frame "Default", isikan terdapa 2 kategori, yaitu "Split Graphic (Horisontal)" dan "Split Graphic (Vertikal)" ,yang berfungsi untuk memberikan batasan di setiap frame gambar tersebut , dalam tutorial ini, kali mengisikan angka 16 pada kedua kategori tersebut
Artinya, pada gambar tersebut, diberikan batasan frame sebesar 16x16 px - Masih di bagian block "The Seleceted Graphic's Data", kali ini di frame "Uses" , ada 6 Check Box , diantaranya :
- Menu Part : Ceklish bagian ini, jika resource tersebut akan digunakan sebagai material pada menu
- Item : Ceklish bagian ini jika resource yang digunakan akan dipakai untuk item di inventory player
- Animation : Ceklish bagian ini jika gambar resource tersebut akan di animasikan
- Tiles : Ceklish bagian ini jika resource tersebut digunakan sebagai tile
- Font : Ceklish bagian ini jika resource tersebut digunakan sebagai Font untuk menampilkan tulisan
- Walpaper : Ceklish bagian ini jika resource tersebut digunakan sebagai walpaper
Karena resource yang digunakan hanya sebagai karakter yang dapat dianimasikan, jadi kami hanya menceklish di bagian Check Box "animation" saja
Animation- OK, sekarang ke tab menu "Action RPG" ??? Klik sub tab "animation"
- Klik tombol "create" di tool box, maka akan muncul index di block "Animation List", klik doble index tersebut untuk me renamenya, kami ketikan nama "Hero",
- sekarang ke Block "The Selected Animation", disana ada 3 block lagi, yaitu :
- Action : isikan indeks yang berisi method objek tersebut (sesuatu yang dapat ilakukan oleh objek tersebut) contoh, Berlari, Menyerang dll
- The Action's : direction (arah) dari method yang dilakukan, contoh, berlari ke kanan, ke kiri, dll
- In-direction : animasik secara detail dari method yang dilakukan - Masih di block "Animation List", di block "Action" silahkan rename, daku rename jadi "Berdiri"
- Sekarang ke bagian block "Display & Other Setting" >>> di tab menu "Per Action Seting"
- Di Frame "Graphic Data" >>> di bagian "Graphic", terdapat tanda panah kebawah yang berisikan teks "Unassigned" , klik tanda panah kebawah tersebut, Pilih Player
- Masih di block "Display & Other Setting" >>> tab menu "Per Frame Setting"
- sesuaikan grafik animasi dengan directionnya. (Untuk lebih jelas bisa di lihat di Video, dikarenakan susah dijelaskan )
- Pada block "The Selected Animation", di bagian "Action" , copy index berdiri terseebut, lalu paste di bawahnya, dan rename , kalo daku jadi "Berjalan"
- di block "In-diretion" tambah indexnya dengan mengklik tombol "+" yang berada di sebelah kiri bar header block "in-direction" >>> kemudian atur dan sesuaikan (untuk lebih jelasnya slahkab lihat divideo, susah dijelaskan )
- jika sudah sesuai, sekarang kita perhalus animasi tersebut dengan mengurangi jeda waktu perpindahan gambar animasi, Seleck (Pilih) semua index di block "The Action's" (right, Left, Down, Up), sekarang ke block "Display & Other Setting" ke tab menu "Per Frame Setting",
- ke frame "Basic Data", pada bagian "Display Time" isikan nilainya menjadi 0.10
- coba test dan simpan
Gadjet
Disini kita akan memberikan command button untuk setiap method yang dilakukan objek
Langsung saja lah- Klik Tam Menu "Action RPG"
- Pilih Sub tab menu "Gadjet"
- Pada bagian Block "The Selected Gadjet" , klik tab menu "Emergence Seting"
- Di bagian "Display & Action Program Parameter" , di frame "Layer For Display" , klik radio button nomor 4, yang artinya objek tersebut akan berada pada layar 4 alias layer paling atas.
- pada frame "Assigned Animation" , klik tanda panah kebawah yang bertuliskan "Unassigned", pilih "hero"
- pada frame "The First Action Program", klik tanda panah kebawah yang bertuliskan "Unassigned", pilih "Action001"
- Sekarang kembali ke tab menu "Registering Action", pilih "Action001" pada block "Action Program"
- pada frame "Action to be Assigned",ada dua tanda panah kebawah yang bertuliskan "Unasiggned", klik tanda panah kebawah 1, pilih "Berdiri" dan yang ke 2 pilih directionnya, daku pilih "Down"
- pada frame "movement direction", ceklish "Don't designate a direction of movement
- pada "movement speed" isikan nilai 0.00 ,
- Tambah index pada block "action Program". dengan cara klik "+" pada bar header block "Action Program"
- pilih index "Action001", pada frame "Key Command" (disebelah kanan) check list pada check box "The Following Command Entered", klik tanda panah kebawah dan pilih "up/down/left/right"
- pilih index "Action002"
- pada frame "Action to be Assigned",ada dua tanda panah kebawah yang bertuliskan "Unasiggned", klik tanda panah kebawah 1, pilih "Berjalan" dan yang ke 2 pilih directionnya, daku pilih "Down"
- pada frame "movement direction", ceklish "Don't designate a direction of movement
- pada frame "Key Command" (disebelah kanan) check list pada check box "The Following Command Entered", klik tanda panah kebawah dan pilih "up/down/left/right", kemudian di bagian "satus" klik tanda panah kebawah dan pilih "Upon Release"
- save
Membuat Tile
Creating Map n' playerTile disini maksudnya adalah lantai atau alas, tanpa banyak panjang lebar langsung saja deh !- Klik tab menu "Material"
- klik tombol "create" di tool box
- Cari directory tempat resource disimpan, open
- pada frame "default", isikan "spilt graphic (Horizontal)" dan "split graphic (Vertical) dengan nilain yang sesuai, daku mengisi "16" pada kedua opsi
- pada frame "uses" , karena resource ini hanya digunakan utnuk tile saja, maka ceklish tile saja, yang lain unceklish.
- klik tab menu "Action RPG", klik sub tab "Tiles"
- klik tombol "create" yang berada di toolbox, akan muncul kotak dialog, klik OK
- pada block "Collision Detection & Type Setting" (Disisi kanan), pada bagian "Graphic", klik tanda panah kebawah yang bertuliskan "Unasiggment", pilih "ViewTiles"
- karena batas tiap frame tile tersebut terlalu besar, perkecul batas framenya, dengan cara , klik sub tab "Per-Plugin Setting"
- pada bagian "Basic Tile Size", pi;ih radio button 16x16,akan muncul kotak dialog, klik OK
- Save
Creating Map- Klik Tab menu "Action RPG" , lanjut ke sub tab "Canvas" untuk menggambar tilenya, tapi sebelumnya pergi ke sub tab "Per Canvas Setting"
- pada frame "Placement method", klik radio button "Yiles"
- kemudian pada bagian "The Tile to be userd With The Canvas" , klk tanda panah kebawah, pilih, "Tile001"
- sekarang kembali ke sub tab "layout", pada block "Layout Part" (disebelah kanan), klik sub tab "Tiles", maka akan muncul Tile yang telah dipilih tadi,
- mulailah berexperimen membuat tile sendiri,
Player On The Map- Klik Tab menu "Action RPG",
- pada block "Layout Part" (disebelah kanan), klik sub tab "Gadjet"
- Pilih "player"
- arahkan pointer kemana posisi player akan disimpan, klik
- akan muncul kotak dialog "Detailed Data", plih dimana posisi player akan diletakan pada bagian "Positioning",
- pada bagian display layer, di layer manakah akan diletakan ?
- pada check bos "Designating Yhee Starting Action Proram" , ceklish, dan klik tanda panah kebawah, lalupuluh, aksi mana yang akan ditampilkan ketika game pertama kali dijalankan
- OK, Save
untuk mencobanya, klik tombol "Play" pada tool box
FIXED
Ketika game dijalankan, dan tombol direction pada keyboard ditekan, player akan berjalan seperti biasa, namun kalo diperhatikan, gerakan animasinya hanya berjalab 8 frame, kenapa ?
karena ketika kita membuat animasinya, kita hanya membuat 8 frame saja, untuk memperbaikinya ikuti langkah berikut ini :- Klik Tab menu "Action RPG"
- Pilih sub tab "Animation"
- pada block "Display & Other Setting" , pilih sub tab "Per-Action Setting"
- pada bagian "Animation Data", terdapat Check box "Infinite Looping" , cechlist check box tersebut
- Save
Coba mainkan, bagaimana ? - Buka Enggine tersebut dong , tentunya
Versi Videonya :
(maaf kalau kurang jelas, untuk sementara, nanti akan di perjleas videonya)
- Spoiler:
Download :
- Spoiler:
Video Tutorial Full High Resolution :Video Tutorial Per-part :
Mirror :
Demo FIle :
Resource yang digunakan :
Terakhir diubah oleh KID_VX tanggal Sat Jan 15, 2011 7:07 pm, total 10 kali diubah
Re: [Basic Tutorial IGM] 05a.Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
kenapa harus di 4seret sih upload videonya! high resolution lagi!
but, nice tuts... saya coba dulu, ditunggu kelanjutannya!
but, nice tuts... saya coba dulu, ditunggu kelanjutannya!
Vincent- New IGMers
- Jumlah posting : 36
Points : 44
Reputation : 0
Join date : 08.01.11
Age : 30
Lokasi : Bogor
Re: [Basic Tutorial IGM] 05a.Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
link gw zip biar gk berat downloadnya
http://www.mediafire.com/?rxbn7kjv7d72s88
http://www.mediafire.com/?rxbn7kjv7d72s88
KID_2K3- Admin
- Jumlah posting : 62
Points : 103
Reputation : 0
Join date : 29.12.10
Re: [Basic Tutorial IGM] 05a.Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
Makasih baget tutorialnya , soalnya pertama2 bingung masukin animasinya, soalnya beda bgt dari RPG Maker
kamajaya- New IGMers
- Jumlah posting : 1
Points : 1
Reputation : 0
Join date : 21.03.11
Re: [Basic Tutorial IGM] 05a.Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
iya kk
tapi mohon maaf,untuk sementara, tutorial akan di pending dulu, karena ada beberapa hal
makasih
tapi mohon maaf,untuk sementara, tutorial akan di pending dulu, karena ada beberapa hal
makasih
Re: [Basic Tutorial IGM] 05a.Menciptakan Karakter dan Tile sederhana
videonya sih bagus ...
tapi, terlalu cepat nih... mousenya terlalu lincah...
hahaha.... agak kurang bisa mengikuti..
but, nice.. lanjutkan..
tapi, terlalu cepat nih... mousenya terlalu lincah...
hahaha.... agak kurang bisa mengikuti..
but, nice.. lanjutkan..
Vincent- New IGMers
- Jumlah posting : 36
Points : 44
Reputation : 0
Join date : 08.01.11
Age : 30
Lokasi : Bogor
Similar topics
» [Basic Tutorial] 01.Pembukaan
» [Basic Tutorial IGM] 06a. Simple HUD
» [Basic Tutorial IGM] 05b. Membuat Musuh
» [Basic Tutorial IGM] 02.Memulai dan Konfigurasi (Starter)
» [Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
» [Basic Tutorial IGM] 06a. Simple HUD
» [Basic Tutorial IGM] 05b. Membuat Musuh
» [Basic Tutorial IGM] 02.Memulai dan Konfigurasi (Starter)
» [Basic Tutorial IGM] 03.Merancang Proyek Baru
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|